25 August 2016

Teknik Mesin

Posted by Nanda Deska M under: Teknik Mesin .

safe_image

 

Jurusan Teknik Mesin UMM berdiri tahun 1978 yang pada awalnya menyelenggarakan  Program Sarjana Muda. Pada tahun 1981 memperoleh Status Terdaftar melalui SK No  094/0/1981. Penyelenggaraan Program Sarjana Strata 1 dilakukan pada tahun 1985 dengan Status Terdaftar melalui SK No. 070/0/1985 tertanggal 18 Pebruari 1985 dan Status Disamakan diperoleh pada Tahun 1991. Status Akreditasi B diperoleh pada Tahun 1998 berdasarkan SK. No. 001/BAN-PT/AK/III/1998 dan kemudian diperbaharui berdasarkan SK. No. 05916/Ak-VII-S1-029/UMMTRS/IX/2003, tertanggal 12 September 2003, dan Akreditasi B dipertahankan dengan dikeluarkannya SK Nomor: 022/BAN-PT/Ak-XI/S1/IX/2008 tertanggal 12 September 2008  Secara struktural Jurusan Teknik Mesin ini dibawah Fakultas Teknik bersama jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro Program studi Teknik Elektro Strata 1 dan Diploma III Elektronika, Teknik Industri dan Teknik Informatika.

Visi jurusan adalah : menjadikan Jurusan Teknik Mesin sebagai pusat pelayanan pendidikan, pelatihan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi permesinan serta dapat melayani kebutuhan masyarakat sesuai nilai-nilai Islam.

Misi

1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (pengajaran) yang bermutu
2. Menyelenggarakan Pengabdian pada Masyarakat guna Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat
3. Menyelenggarakan Penelitian yang dapat Memberikan Sumbangan Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
4. Menyelenggarakan Kerjasama dengaqn Pihak Lain untuk Keberlangsungan dan Eksitensi Teknik Mesin atau Lembaga ke Depan

Dengan demikian segala sesuatu perkembangan dan kesempatan yang dimiliki harus dicoba untuk digapai demi memajukan institusi agar dapat selalu diterima masyarakat.
Beberapa fasilitas yang dimiliki untuk proses pembelajaran antara lain Gedung perkuliahan yang megah, sarana laboratorium yang lengkap, memiliki 17 Dosen tetap, 7 Dosen paruh waktu  dengan kualifikasi S2 dan  S3. Dalam proses pelayanan administrasi memiliki 5 staf dibantu dengan staf kontrak dan mahasiswa part time.

TUJUAN PENDIDIKAN :

Menghasilkan Sarjana Teknik Strata Satu yang memiliki dasar pengetahuan, sikap dan ketrampilan profesional dalam bidang Teknik Mesin, sehingga mampu bekerja dibidangnya dan memiliki kompetensi mampu beradaptasi serta mampu mengembangkan diri dalam perkembangan ilmu dan teknologi baru dibidang Teknik Mesin.

KOMPETENSI LULUSAN :

Menghasilkan Sarjana Teknik Mesin yang memiliki dasar pengetahuan, sikap dan ketrampilan profesional dalam bidang teknik mesin, sehingga mampu bekerja dibidangnya dan mampu beradaptasi serta mampu mengembangkan diri dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk mencapai tujuan diatas, kurikulum Jurusan Teknik Mesin dirancang agar lulusan memiliki kemampuan menyusun konsep, perancangan, implementasi dan operasional sehingga basis kompetensi utama dalam bidang rancang bangun permesinan dan kompetensi pendukung dalam bidang kontrol automatik. Sedangkan kompetensi pelengkap merupakan bidang keahlian khusus yakni;

  1. Konstruksi Mesin; bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu mendesain konstruksi mesin baik aspek konstruksi maupun ekonominya.
  2. Konversi Energi; bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu memilih, merawat dan mendesain alat-alat dan mesin konversi energi beserta aspek-aspek ekonominya.
  3. Produksi Permesinan. bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu mendesain proses permesinan baik aspek desain mesin-mesin, desain produk dan produksi.
  4. Produksi Material; bertujuan untuk membekali lulusan sehingga mampu memilih, memadukan dan memproduksi komponen mesin berdasarkan material.

FASILITAS PENDUKUNG

Untuk Dapat melaksanakan kegiatan proses pembelajaran, maka Jurusan Teknik Mesin menyelenggarakan praktikum laboratorium meliputi:

  1. Laboratorium Fisika.
  2. Laboratorium Kimia.
  3. Laboratorium Gambar dan Elemen Mesin.
  4. Laboratorium Gambar Berbantuan Komputer (Auto CAD).
  5. Laboratorium Proses Produksi Pemesinan dan Pembentukan.
  6. Laboratorium Fenomena Dasar Mesin.
  7. Laboratorium Pengujian Prestasi Mesin.
  8. Laboratorium CNC.
  9. Laboratorium Perancangan.
  10. Pusat Pelatihan Otomotive.
  11. Laboratorium Metrologi.
  12. Laboratorium Pneumatik dan Hidraulik.

 

Leave a Reply

Recent Posts

Recent Comments

    Archives

    Categories

    Meta

    Links